BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Animation text

Minggu, 15 November 2009

Wirelles Wimax

Mungkin kita sudah mendengar dan mempergunakan teknologi wireless broadband nirkabel via gprs, edge, 3g ataupun hsdpa, walaupun jangkauannya masih terbatas, namun pada teknologi yang paling luar jangkauannya spt gprs ataupun edge sudah bisa menjangkau segala pelosok daerah di indonesia, sehingga dengan menggunakan handphone sudah cukup dapat ber browsing ria.

Akan tetapi masalah kecepatan data menjadi persoalan untuk jaringan spt ini, dengan 3g atau hsdpa sebenarnya sudah cukup dalam hal kecepatan transfer data, namun dengan biaya yang besar dan cukup tidak transparan, menyebabkan biaya pengadaan bts menjadi tinggi dan memiliki ruang jangkauan yang terbatas. Disini kita bicara di luar dari koneksi via jaringan telp spt speedy atau wifi dengan rt rw net yang sangat tergantung penyedia perorangan.

WIMAX Broadband wireles connectionWalaupun sudah 2 tahun lamanya teknologi ini ada di dunia international, nampaknya dengan kalkulasi kebijakan pemerintah yg mengikuti kemauan investor yg sudah terlanjur membeli mahal pita broadband 3g dan hsdpa, akhirnya baru akhir tahun ini, teknologi dengan pita broadband wimax ini dibuka, khusus untuk daerah jabodetabek, sebagai region yang paling mahal, tendernya berhasil diraih oleh firstmedia. kemungkinan pada tahun 2010 sudah bisa kita nikmati teknologi ini dengan harga yg blum diketahui.

Apa sih keunggulan wimax ini ? tentunya dalam perkembangan teknologi informasi, kecepatan koneksifitas jaringaan sangat diutamakan, kemudian yang kedua adalah cost atau biaya dalam membuat jaringan tersebut berdiri. teknologi wimax untuk saat ini dapat memenuhi kedua persyaratan tersebut. Sepengetahuan saya, teknologi wimax memiliki kecepatan mencapai 3 kali teknologi hsdpa, dan kemudian dalam investasi bts, jika dibandingkan dengan teknologi sekarang, bila saat ini dibutuhkan 1000 bts untuk menjangkau sebuar area, dengan wimax cukup hanya 300 bts aja, hal inilah yang membuat teknologi ini sangat bagus dalam hal cost, diharapkan provider yg memiliki pita broadband ini tidak terlalu cepat meraih break event point dan keuntungan, karena akan memberatkan kita sbg pengguna internet dalam hal biaya koneksi, karena secara teknologi wimax ini adalah sebuah teknologi yang canggih dan murah. thanks semoga berguna.

0 komentar: